Laman

Kamis, Maret 19, 2009

Eksim Basah Tersebut Tak Kunjung Sembuh


Amreta Nadila Pragustiana, bocah berusia empat tahun anak dari Bapak Prayogo dan Ibu Supriyati, warga Jl. Tamansiswa No. 76 Jogjakarta ini hanya bisa merasakan gatalnya eksim basah yang dideritanya. Menurut penuturan ayahnya, eksim basah ini adalah eksim basah jenis genetis, yang artinya penyakit yang diturunkan dari ayahnya. Jadi, tidak hanya Amreta yang menderita penyakit ini, akan tetapi Prayogo, sang bapak juga menderita penyakit tersebut.


Walaupun sedang menderita eksim basah, Amreta tetap ceria seperti anak-anak yang lain. Menurut penuturan ayahnya, penderitaan Amreta dimulai ketika malam hari. Disaat itulah rasa gatal mulai terasa sehingga Amreta selalu menggaruk eksimnya dan akhirnya meninggalkan luka-luka lecet disekujur tubuhnya.


Prayogo sekeluarga tinggal di dalam rumah kontrakan mungil di sekitar bantaran Kali Code. Sebelumnya, Prayogo sekeluarga tinggal bersama ibu kandung dan adiknya sekeluarga dalam rumah berukuran sekitar 3X7 meter. Jadi bisa dibayangkan rumah sekecil itu dihuni oleh dua keluarga dengan empat anak kecil dan satu ibu. Prayogo hanyalah seorang tukang servis elektronik yang kerjanya tidak tetap. Sebelumnya, beliau bekerja di agen gas, namun, beliau di PHK dan akhirnya memutuskan untuk membuka sendiri usaha servis kipas angin, mesin cuci, dan kompor gas. Sedangkan Supriyati, ibu dari Amreta hanyalah seorang ibu rumah tangga. Jadi, praktis hanya ayahnyalah yang menjadi sumber kehidupan mereka. Selain Amreta, Prayogo juga dikaruniai dua anak lain, Nalana Rasya Hilal Ashshidiq usia : 1,5 tahun dan Devajana Cinta Parasvhi usia : 5 bln.


Prayogo menuturkan, Amreta harus kontrol sepekan sekali untuk memantau perkembangan penyembuhan eksimnya. Menurut beliau, setiap kontrol membutuhkan dana Rp 40.000,-. Itupun belum termasuk obatnya yang terdiri atas tiga macam.


Alhamdulillah, Bapak Prayogo bertemu dengan salah seorang mahasiswa arsitektur UGM yang tergabung dalam MADANI (Masyarakat Peduli Anak Negeri) Fakultas Teknik. Sehingga, kabar ini segera ditindaklanjuti dan akhirnya MADANI bisa membantu pengobatan Amreta. Namun, dana yang dikucurkan MADANI amatlah kurang. Sehingga butuh dukungan banyak dermawan lagi yang mau meringankan beban saudara kita ini.


Berikut data lengkap Amreta

Nama ayah : Prayogo

Nama ibu : Supriyati

Usia ibu : 36 tahun

Nama anak : Amreta Nadila Pragustiana

Usia : 4 tahun

Sakit : eksim basah genetis (turunan dari ayah)

Alamat : Jl. Tamansiswa No. 76 Jogjakarta

Kesulitan : Biaya kontrol dan obat

Sepekan sekali kontrol ke dokter dengan biaya Rp 40.000,- /kontrol

Pekerjaan ayah : Salatir (tukang servis kipas angin, mesin cuci, kompor gas, dll)

Pekerjaan ibu : ibu rumah tangga

Status rumah : kontrakan dengan biaya Rp 200.000,-/bulan

Nama adik : 1. Nalana Rasya Hilal Ashshidiq usia : 1,5 tahun

2. Devajana Cinta Parasvhi usia : 5 bln


Tidak ada komentar:

Posting Komentar